salam

Kamis, 18 Agustus 2011

Membedah Makna Angka 17

Angka 17 adalah merupakan bagian dari angka 1 dan 7 atau bisa juga 10 + 7 =17. Kalau dilihat jenisnya angka 17 adalah salah satu dari bilangan prima. angka 17 ini kalau dilihat dari nilai historis bangsa Indonesia dan umat Islam mempunyai makna dan arti yang sangat berarti sekali.
Dilihat dari dari nilai historis bangsa Indonesia angka 17 difokuskan pada peristewa bersejarah yaitu hari kemerdekaan Bangsa Indonesia yakni tanggal 17 Agustus 1945. Dari sini titik tumpu perjuangan bangsa Indonesia dalam membebaskan diri dari belenggu penjajahan bangsa Belanda dan Jepang. Semua bangsa mengakui akan kemerdekaan bangsa Indonesia pada tanggal ini yaitu pada saat dua tokoh proklamator Ir. Soekarno dan M. Hatta membacakan teks proklamasinya didepan sebuah upacara bendera di Jalan Pegangsaan Timur Jakarta.
Disamping itu, kalau dilihat dari nilai historis umat Islam (taarikh Islam), angka 17 itu bertepatan dengan tanggal 17 Ramadhan, yaitu peristewa turunnya Al Qur’an yang dikenal dengan peristewa Nuzulul Qur’an. Al Qur’an yang merupakan kitab suci umat Islam dan sebagai petunjuk (hudan) bagi umat Islam.
Tahun ini 2011 Masehi dan tahun 1432 Hijriyah merupakan tahun yang sangat istemewa sekali bagi Umat Islam dan bangsa Indonesia, karena angka 17 bersatu di sebuah bulan yang sangat mulia yakni bulan Ramadhan. Tanggal 17 Agustus 2011 M. bertepatan tanggal 17 Ramadhan 1432 H. hal ini akan memberikan makna yang sangat berarti sekali bagi kita sebagai orang yang beriman, karena semua kejadian ini akan ada hikmah dibalik semua ini.
Angka 17 adalah salah satu bilangan prima, dimaksudkan kita seharusnya bersikap dan menjadi orang yang prima, sempurna, berguna bagi orang lain. Disamping itu, kalau dilihat dari angka surah dalam Al Qur’an angka 17 adalah surah al Isra (diperjalankan). Dalam konteks surah ini erat hubungannya sebuah peristewa yang terjadi pada baginda rasul SAW yaitu peristewa Isra dan Mi’raj, dimana dalam peristewa ini puncaknya adalah kewajiban shalat lima waktu bagi umat Islam.
Angka 17 terdiri dari angka 1 dan 7. Angka 1 merupakan symbol dari keesaan Allah SWT. Tiada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, sedangkan angka 7 merupakan perlambang dari berbagai macam yang berjumlah tujuh, antara lain tujuh anggota manusia (mata, telinga, hidung, mulut, tangan, kaki dan seluruh tubuh); tujuh jumlah ayat surah al Fatihah, tujuh lapis bumi dan langit, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Subhannallah, Allah punya rencana dan kehendak akan terkumpulnya pada tahun ini tanggal 17 Ramadhan bertepatan tanggal 17 Agustus 2011. Mudah-mudahan semua kekuasaan Allah mempunyai hikmah yang sarat makna bagi kesejahteraan dan kelangsungan bangsa dan negera ini, wabil khusus bagi umat Islam Indonesia. Amin.
Wallahu a’lam bishshawab.
Rantau, 17 Agustus 2011 M/17 Ramdhan 1432 H

1 komentar: